Sistem imunitas punya peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik akan melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke tubuh. Untuk itu kita perlu menjaga sistem imunitas terutama di masa pandemi seperti hari ini. 

Ada berbagai cara menjaga sistem imunitas. Termasuk menerapkan gaya hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar kekebalan tubuh tetap prima.

Menerapkan pola hidup sehat

Agar imunitas tubuh kita bekerja dengan optimal, penting untuk tubuh kita menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sangat disarankan perbanyak makan sayur dan buah. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang rutin mengonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah sakit. 

Diketahui bahwa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.  Jenis buah yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh adalah guava. Guava diketahui mengandung banyak mineral dan juga kaya vitamin. 

2. Cukup istirahat

Perlu Anda ketahui, bahwa kurang tidur dapat menurunkan sistem imun tubuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam dan remaja membutuhkan waktu tidur 9-10 jam.

3. Hindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, hormon kortisol dapat menurunkan sistem imunitas. Sebisa mungkin, cobalah untuk menghindari stres atau mengontrol stres agar sistem kekebalan tubuh Anda tidak menurun.

4. Rutin olahraga

Setidaknya, lakukanlah olahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam melawan infeksi. Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan, salah satu olahraga yang mudah dan murah adalah lari atau juga bisa jalan kaki. Anda juga bisa memilih melakukan olahraga dalam ruangan.

5. Hindari rokok dan alkohol

Untuk Anda yang mungkin seorang perokok atau peminum alkohol, mulailah kurangi atau kalau bisa berhenti. Paparan asap rokok dan juga alkohol dapat merusak sistem imunitas tubuh. Perokok juga memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara jika Anda perokok dan juga pecandu alkohol, nda punya risiko yang tinggi untuk mengalami infeksi paru yang lebih tinggi.

Vitamin untuk meningkatkan sistem imunitas

Selain menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi vitamin bisa menjadi pilihan Anda untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Konsumsi vitamin bisa melengkapi pola makan Anda yang mungkin kurang memperhatikan nutrisi. 

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin, perhatikan beberapa kandungan berikut ini untuk mendapatkan manfaat yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

1. Echinacea

Vitamin yang mengandung enchinacea selain dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh juga dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang dan antioksidan. Enchinacea juga dapat membantu kita dalam melawan virus flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

2. Buah mengkudu

Dalam buah mengkudu terkandung kalium yang dapat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Tapi jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung atau liver tidak disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang mengandung mengkudu. Sebaiknya konsultasikan terlebih dengan dokter.

3. Mengandung vitamin B6, C dan E

Vitamin yang mengandung vitamin B6, vitamin C,  likopen, dan vitamin E sangat direkomendasikan. Ketiganya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh lebih optimal.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik untuk menjaga sistem imunitas agar kita tidak mudah sakit. Tapi tentu tidak ada salahnya untuk kita mengonsumsi beberapa makanan penunjang yang memang sudah terbukti dan memiliki paten dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah SOP Subarashi dari AFC Life Science. SOP Subarashi bukanlah obat melainkan healthy food, jadi tidak ada dosis tertentu untuk mengonsumsinya, semua disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Produk ini juga telah mendapatkan paten untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

AFCNEXT
Send via WhatsApp