Makanan sehat punya peran penting dalam menjaga kesehatan kita. Terutama di saat kondisi seperti saat ini di mana kita benar-benar harus menjaga kesehatan agar tidak tertular penyakit. Makan makanan sehat punya dampak yang luar biasa untuk tubuh kita. Manfaatnya tidak hanya kita rasakan pada saat ini tapi juga terasa hingga nanti.

Mari kita ketahui lebih jauh mengenai makanan sehat dalam artikel ini!

Apa Itu Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh membutuhkan berbagai nutrisi agar bisa tetap sehat dan untuk anak-anak dapat bertumbuh secara optimal. 

Sepiring makanan dikatakan sehat jika memenuhi syarat pedoman gizi seimbang, di mana setidaknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Anda bisa mengonsumsi makanan sehat beragam bukan hanya satu jenis saja. Tentunya, mengonsumsi jenis yang berbeda akan memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga kebutuhan gizi bisa terpenuhi.

Jenis Pilihan Makanan Sehat

Makanan dikatakan sehat apabila bisa memberikan Anda berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral.

Berikut ini beberapa makanan yang masuk dalam jenis makanan sehat, di antaranya:

1. Makanan pokok

Makanan pokok merupakan karbohidrat (kalori) dalam jumlah seimbang. Kalori memberikan kita energi untuk dapat beraktivitas seharian. Biasanya, nutrisi makanan pokok ditunjang dengan beberapa lauk pendamping. Sumber makanan pokok bisa nasi, kentang, singkong, roti, atau ubi.

Turunan dari karbohidrat juga terlibat dalam proses reproduksi, sistem kekebalan tubuh, perkembangan penyakit, dan pembekuan darah.

2. Buah dan sayur

Buah dan sayur punya peran penting dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan juga mineral. Vitamin dan mineral merupakan bentuk mikronutrien yang merupakan kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin dan mineral, oleh karena itu kita harus mendapatkan nutrisi mikronutrien ini dari makanan. 

Vitamin dibutuhkan untuk memproduksi energi, fungsi kekebalan, pembekuan darah, dan lainnya. Sementara mineral punya peran penting pada pertumbuhan, kesehatan tulang, keseimbangan cairan, dan beberapa fungsi lainnya.

Kandungan mikronutrien  dalam setiap makanan berbeda-beda, jadi pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian yang diketahui punya banyak nutrisi, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji abu, biji wijen.

Biji-bijian dan kacang tersebut diketahui banyak mengandung  protein dan serat yang tinggi, kaya vitamin, dan mineral seperti magnesium dan vitamin E.

4. Daging dan telur

Baik daging dan telur merupakan lauk makanan sehat yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Daging punya banyak kandungan nutrisi apalagi daging tanpa lemak.  Diketahui daging bebas lemak, protein dan zat besi yang lebih tinggi dibanding dengan jenis daging lainnya.

Selain daging, telur juga bisa menjadi pilihan. Dalam telur Anda bisa mendapatkan banyak protein, nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan zat antioksidan.

5. Ikan

Ikan dan makanan laut lainnya sangat baik karena mengandung Omega-3 dan yodium. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan, orang yang suka dan sering mengonsumsi makanan laut lebih panjang umur, dan lebih rendah terserang penyakit. Makanan lau juga diketahui menjadi makanan sehat untuk jantung supaya kita terhindar dari penyakit jantung.

6. Susu

Segelas susu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya kalsium yang dapat membantu mencegah osteoporosis. Susu dapat menjadi makanan pelengkap untuk pemenuhan nutrisi harian.

Pola Makanan Sehat, Bukan Lagi 4 Sehat 5 Sempurna

Kita pasti sudah akrab dengan istilah makan 4 sehat 5 sempurna. Namun, seiring dengan bertambah ilmu kesehatan, ternyata slogan 4 sehat 5 sempur sudah tidak relevan dengan zaman sekarang. 

Kementerian Kesehatan sendiri sudah mengeluarkan pengganti 4 sehat 5 sempurna yaitu Pedoman Gizi Seimbang (PGS). PGS menerapkan prinsip makanan beraneka ragam, diiringi aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan secara teratur.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Tidak bisa dipungkiri kita kadang kesulitan untuk menerapkan pola makan sehat. Beberapa tips berikut bisa membantu Anda untuk mulai menerapkan pola makan sehat.

1. Tidak melewati sarapan

Apakah Anda salah satu yang suka melewati sarapan? Sarapan sendiri membuat kita memiliki energi yang cukup untuk memulai hari. Sarapan sehat juga mencegah kita untuk terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2.

Berikut ini beberapa pilihan makanan untuk sarapan yang bisa Anda pilih untuk melengkapi makanan sehat.

  • Oatmeal, nasi merah, dan sereal, adalah makanan kaya karbohidrat yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan.
  • Makanan tinggi serat seperti buah, sayur, gandum.
  • Protein dari kacang-kacangan, biji-biji, susu, telur, dan yogurt.
  • Sumber lemak, misalnya alpukat, dan kelapa.

2. Jangan terlalu banyak minum kopi

Kopi memang membuat Anda kehilangan kantuk di pagi hari, tapi jangan minum berlebihan. Salah satu dampak langsung dari kopi adalah bisa membuat Anda merasa dehidrasi, sebab kopi dapat mempercepat keluarnya cairan tubuh melalui urine.

Batasi konsumsi kopi hanya 1-2 cangkir per hari.  Pilih juga kopi yang sedikit mengandung gula atau tanpa gula sama sekali. 

3. Banyak minum air putih

Lengkapi pola makan sehat dengan banyak minum air putih. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih per hari. 

Air putih membantu menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi. Saat kita dehidrasi, otak kerap kali memberi sinyal lapar yang keliru. Inilah kenapa kadang kita suka makan banyak tanpa menyadarinya.

4. Perbanyak makan natural 

Agar konsumsi makan Anda tetap sehat, batasilah makanan dalam kemasan dan makan yang telah diawetkan. Ini karena biasanya makanan tersebut tinggi gula, natrium, serta mengandung bahan kimia tambahan lainnya.

5. Pilih makanan yang tinggi serat

Menambah makanan yang tinggi serat juga membuat makanan Anda lebih sehat. Misalnya Anda bisa mengganti roti tawar putih Anda dengan roti tawar gandu, atau nasi putih dengan nasi merah.

Makanan tinggi serat dapat memperlancar pencernaan, menjaga jumlah bakteri baik dalam usus, serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, dan dapat menjaga berat badan ideal.

Makanan Sehat AFC LifeScience 

Sebagian orang mungkin kesulitan dan enggan dengan makanan sehat. Atau juga sebagian lagi merasa tidak mengerti bagaimana cara menerapkan pola makan sehat. 

Beruntungnya, saat ini makanan sehat bukan lagi masalah besar, Anda dapat menunjang kebutuhan makan sehat dengan produk superfood AFC LifeScience, SOP Subarashi dan Utsukushhii. 

Kedua produk ini berbentuk bubuk jadi sangat mudah untuk dikonsumsi, Anda bisa langsung mengonsumsinya dengan meletakkannya di bawah lidah atau dicampur dengan sedikit air.  Waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah di pagi hari setelah bangun tidur di mana keadaan perut masih kosong.

Baik SOP Subarashi dan Utsukushhii mengandung bahan-bahan alami yang telah melewati uji klinis serta mendapatkan paten. SOP Subarashi mengandung triple peptide Salmon DNA, Sarden peptide, dan Fruitflow dan bahan aktif lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Utsukushhii mengandung berbagai bahan aktif dari ekstrak tumbuhan dan buah serta Salmon DNA.  

SOP Subarashi dan Utsukushhii bukan obat jadi sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari untuk menunjang kebutuhan nutrisi Anda. Sudah banyak yang merasakan kondisinya semakin prima setelah mengonsumsi produk AFC LifeScience, produk ini halal dan sudah bersertifikat BPOM.

AFCNEXT
Send via WhatsApp