Kebotakan seringkali diidentikkan dengan pria. Ets, tapi tahukah Anda, wanita juga bisa lho mengalami kebotakan. Kebotakan pada wanita bisa disebabkan beberapa hal. Agar Anda memahami lebih jauh masalah yang satu ini, mari simak artikel yang satu ini.

Kenali Kebotakan pada Wanita

Kebotakan pada wanita atau juga bisa disebut kebotakan berpola pada wanita adalah kerontokan yang dapat menyerang wanita, Dalam dunia medis kondisi ini dikenal dengan androgenetic alopecia.

Bila pada pria ditandai dengan penurunan garis rambut, pada wanita kebotakan berpola ditandai dengan penipisan rambut, yang mempengaruhi volume rambut wanita.

Pola kebotakan wanita, fase pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Tidak cuma itu saja, rambut baru juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tumbuh.

Folikel rambut dapat menyusut, sehingga menyebabkan rambut yang tumbuh menjadi tipis. Wanita sendiri tidak mengalami kebotakan secara menyeluruh, namun lebih cenderung mengalami penipisan rambut.

Penyebab Kebotakan pada Wanita

Salah satu penyebab kebotakan wanita adalah faktor genetik. Jika salah satu anggota keluarga mengalami masalah ini, ada kemungkinan akan diwariskan.

Kondisi ini juga umum terjadi dan seiring dengan pertambahan usia dan mencapai usia paruh baya. Tidak hanya itu saja, kondisi ini juga dapat berkembang ketika mengalami menopause.

Selain karena faktor genetik, kebotakan pada wanita juga bisa disebabkan oleh hormon androgen. Hormon ini berperan dalam pola kebotakan. Tumor kelenjar hipofisis atau ovarium yang mempengaruhi androgen juga dapat menjadi penyebab kebotakan.

Stres fisik dan emosional juga bisa menjadi penyebab kebotakancobalah untuk mengontrol stres dan rutin konsumsi makanan sehat. Efek obat-obatan tertentu juga bisa jadi alasan mengapa Anda mengalami kebotakan. 

Bagaimana mengatasi masalah ini?

Mengatasi kondisi mulai membotaknya rambut sendiri tergantu pada seberapa parah kondisinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebotakan.

Minoxidil

Ini adalah obat topikal yang bisa digunakan untuk mengatasi kebotakan baik pada pria atau wanita. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya pada permukaan kulit kepala setiap hari.

Obat Oral

Salah satu obat oral yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi kebotakan adalah spironolactone. Obat ini sendiri masuk ke dalam jenis diuretik. Diuretik sendiri dapat mengurangi kelebihan air dalam tubuh.

Obat ini juga dapat menghambat hormon androgen, sehingga dapat mencegah rambut rontok dan membantu pertumbuhan rambut.

Konsumsi Utsukushhii

Jika Anda mungkin sedikit takut dengan konsumsi obat, ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengonsumsi Utsukushhii.

Kenapa Utsukushhii?

Utsukushhii sendiri bukanlah obat, melainkan superfood. Superfood sendiri merupakan makanan yang punya banyak kandungan baik bagi tubuh sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain dapat mencukupi nutrisi tubuh, Takara combu fucoidan yang terkandung dalam Utsukushhii juga dikenal efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok dan masalah rambut yang semakin menipis. 

Kandungan ini dapat merangsang efek faktor pertumbuhan hepatosit protein. Utsukushhii mempunyai fucoidan yang dikenal dapat menjaga kesehatan dan membantu perawatan terhadap folikel rambut.

Tidak hanya bisa mengatasi masalah kerontokan rambut, Utsukushhii juga mempunya manfaat lainnyauntuk kulit mencegah jerawat, mencegah keriput, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, memutihkan kulit. Selain itu, Utsukushhii juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh karena dapat mengaktifkan sistem imun.

Bagaimana, apa Anda tertarik? Hubungi kami langsung bila Anda tertarik atau membutuhkan informasi lainnya klik di sini.

 

AFCNEXT
Send via WhatsApp